Spread the love

Info Bola Terupdate – Jay Idzes, bek tangguh Timnas Indonesia, telah membantu Venezia promosi ke Serie A musim depan. Berpotensi menjadi pemain Indonesia pertama yang bermain di kasta tertinggi Liga Italia. Jay menarik perhatian pecinta sepak bola Indonesia sejak rencana naturalisasinya pada pertengahan 2023. Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menyebut Jay sebagai pemain muda penuh potensi yang sedang menuju puncak karier. Setelah resmi menjadi Warga Negara Indonesia pada Desember 2023, Jay memulai debutnya bersama Timnas Indonesia pada Maret 2024 melawan Vietnam.

Lahir di Belanda pada 2 Juni 2000, Jay Idzes memulai kariernya di akademi Mifano, PSV Eindhoven, VVV-Venlo, dan Eindhoven sebelum bermain di FC Eindhoven dan Go Ahead Eagles. Di Venezia, ia tampil impresif dan membawa timnya meraih promosi ke Serie A dengan kemenangan agregat 1-0 melawan Cremonese di final playoff Serie B. Idzes kini menjadi sorotan sebagai salah satu pemain muda dengan prospek cerah di dunia sepak bola.1

Jay Idzes: Perjalanan Karier Sepak Bola

Idzes, seorang pemain sepakbola berbakat, lahir di Mierlo, sebuah desa di Provinsi Brabant Utara dengan luas sekitar 18 kilometer persegi. Jay memulai perjalanannya di dunia bola dengan bergabung di Akademi junior Mifano, di mana ia belajar teknik dasar bermain dan mengembangkan keterampilannya. Bakatnya menarik perhatian pemandu bakat dari PSV, yang kemudian merekrutnya ke dalam tim usia muda saat usianya sekitar 15 tahun.

Di Akademi PSV, Jay Idzes terus menunjukkan perkembangan pesat. Ia berpartisipasi dalam berbagai kejuaraan baik di tingkat domestik maupun internasional, menunjukkan dedikasi dan komitmen yang tinggi. PSV menjadi tempat di mana Jay mulai serius merintis karier profesionalnya dalam sepak bola, mengikuti seluruh proses latihan dan pertandingan dengan tekun.

Cara bermain juga posisi

Jay Idzes memiliki fisik yang kuat sebagai bek tengah, membuatnya sangat tangguh dalam duel-duel bola atas. Dengan tinggi badan 1,9 meter, Jay memiliki keunggulan signifikan dalam situasi bola udara. Tidak hanya andal dalam bola atas, Jay Idzes juga memiliki kemampuan umpan pendek yang baik, menjadikannya seorang bek tengah yang mampu memainkan bola dengan baik.

Menurut Whoscored, Idzes tidak termasuk tipe bek tengah yang sering melakukan tekel untuk merebut bola dari lawan. Sebaliknya, dia dikenal memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi, memungkinkan dia untuk menjaga pertahanan dengan cermat dan efisien bagus.

Jay Idzes Awal Karir Profesional

Idzes mengakhiri kiprahnya di PSV pada 2014 dan kemudian pindah ke VVV-Venlo, di mana ia bertahan hingga 2016. Pada tahun tersebut, FC Eindhoven datang dengan tawaran untuk naik ke tim utama. Meskipun demikian, debutnya untuk tim senior baru terjadi pada 2018. Di FC Eindhoven, Jay bermain sebanyak 54 kali, dengan sebagian besar penampilannya tercatat di kompetisi kasta kedua, namun ia juga memiliki pengalaman bermain di liga utama.

Karier Jay Idzes kemudian berlanjut ke Go Ahead Eagles, yang merekrutnya pada musim panas 2020. Ia bertahan di klub tersebut hingga akhir musim 2022/2023 dan berkembang pesat selama berada di sana. Jay bermain secara reguler sejak bergabung pada musim 2020/2021 dan sukses membawa Go Ahead Eagles promosi ke Eredivisie. Pada musim 2021/2022, Jay bermain dalam 21 laga di Eredivisie, berhadapan dengan penyerang-penyerang tangguh seperti Sebastien Haller, Dusan Tadic, dan Cody Gakpo. Musim lalu, Jay tampil dalam 32 laga di Eredivisie dan membantu Go Ahead Eagles finis di posisi ke-11 klasemen.

Sukses Bawa Venesia Ke Serie A

Setelah tiga musim bersama Go Ahead Eagles, Jay Idzes memulai petualangan baru di Italia pada musim 2023/2024 dengan bergabung ke Venezia. Ia menandatangani kontrak hingga 2026/2027 dengan status bebas transfer. Pada Oktober 2023, Jay sempat mengalami trombosis vena dengan mikro emboli paru, namun kondisinya telah membaik dan sejak itu menjadi andalan di lini belakang Venezia. Menurut Transfermarkt, Jay telah tampil 25 kali di Serie B 2023/2024 dan berhasil membawa Venezia masuk playoff promosi ke Serie A.

Di babak playoff Serie B, Jay menjadi andalan dalam empat laga. Termasuk dua laga melawan Palermo dan dua final playoff melawan Cremonese. Pada final playoff, ia tampil solid di dua leg yang berakhir dengan kemenangan tipis 1-0. Untuk Venezia di leg kedua, memastikan satu tiket promosi ke Serie A. Venezia bergabung dengan Parma dan Como yang lebih dulu promosi. Idzes, lahir pada 2 Juni 2000 di Mierlo, Belanda, memulai kariernya di akademi Mifano. Lalu PSV Eindhoven, VVV-Venlo, dan Eindhoven, sebelum berkarier di FC Eindhoven dan Go Ahead Eagles.

Kiriman serupa