Spread the love

Info Bola Terupdate – Borussia Dortmund akan menghadapi Real Madrid di final Liga Champions 2023/2024. Pertandingan antara Madrid dan Dortmund di Wembley akan dimulai pada Minggu, 2 Juni 2024, pukul 02:00 WIB. Sebelumnya, Dortmund baru dua kali mencapai final. Pertama kali terjadi pada edisi 1996/1997. Pada waktu itu, tim Jerman tersebut berhadapan dengan Juventus di Olympiastadion, Munich. Mereka memenangkan pertandingan dengan skor 3-1. Karl-Heinz Riedle mencetak dua gol, dan Lars Ricken menambah satu gol, sementara gol satu-satunya dari Juventus dicetak oleh Alessandro Del Piero. Dortmund pun berhasil meraih gelar Liga Champions pertama dan satu-satunya hingga saat ini.1

Dortmund sebenarnya berpeluang menambah koleksi gelar Liga Champions mereka menjadi dua setelah mencapai final edisi 2012/2013. Namun, final itu meninggalkan kenangan pahit bagi mereka. Marco Reus dan rekan-rekannya, yang saat itu dilatih oleh Jurgen Klopp, harus menerima kekalahan. Sama seperti edisi tahun ini, final terakhir Dortmund juga digelar di Wembley.

Final Liga Champions Wembley 2013: Borussia Dortmund vs Bayern

Terakhir kali Borussia Dortmund mencapai final Liga Champions adalah pada tahun 2013. Pada saat itu, Dortmund bertemu dengan rival mereka, Bayern Munich, dalam laga Der Klassiker.

Di semifinal, Dortmund berhasil mengalahkan Real Madrid dengan agregat 4-3 (4-1 di kandang, 0-2 di tandang). Empat gol Robert Lewandowski dalam kemenangan 4-1 di leg pertama di Signal Iduna Park berhasil menarik perhatian dunia.

Sementara itu, Bayern Munich menyingkirkan Barcelona. Mereka menang 4-0 di leg pertama di kandang, lalu menang 3-0 di Camp Nou, membuat tim asuhan Jupp Heynckes unggul dengan agregat 7-0.

Banyak yang berharap terjadi El Clasico antara Madrid dan Barcelona di final musim itu, namun yang tersaji adalah Der Klassiker antara Dortmund dan Bayern. Di final yang berlangsung di Wembley, Dortmund harus menyerah kalah 1-2 dari Bayern.

Akhirnya Marco Reus dan Mats Hummels Kembali ke Wembley

Dua pemain Dortmund yang masih bertahan sejak final 2013 adalah Marco Reus dan Mats Hummels. Musim ini, Reus sudah mencetak dua gol untuk Dortmund di Liga Champions, sementara Hummels mencetak gol tunggal ke gawang PSG di leg kedua babak semifinal.

Sebelas tahun setelah kekalahan pahit dari Bayern, Reus dan Hummels akan kembali ke Wembley untuk melakoni final lainnya. Kali ini, lawannya bukan Bayern, melainkan Madrid. Madrid lolos ke final setelah menyingkirkan Bayern di babak sebelumnya. Bagi Reus, laga final melawan Madrid di Wembley nanti sekaligus akan menjadi pertandingan terakhirnya dengan seragam Dortmund. Apakah Reus akan mendapatkan akhir yang manis?

Kiriman serupa