Indonesia Hanya brperingkat ke-134 FIFA, Apakah Baggott Akan Bisa Bermain di Premier League?

Spread the love

rajainfobola.com – Elkan Baggott dari Ipswich Town mungkin bisa bermain di Premier League musim 2024/2025. Ipswich Town meraih tiket promosi ke Premier League, bersama dengan Leicester City. Baggott masih memiliki kontrak dengan Ipswich Town hingga Juni 2025, yang membuatnya berpotensi masuk dalam daftar pemain untuk Premier League.

Rangking FIFA Menjadi Lendala Baggott

Elkan Baggott dipinjamkan ke Bristol Rovers pada musim 2023/2024 untuk mendapatkan lebih banyak waktu bermain. Meskipun merupakan pemain asal Indonesia. Aturan Premier League mengenai pemain asing non-Uni Eropa membatasi mereka yang berasal dari negara dengan peringkat FIFA. Di luar 70 besar selama dua tahun terakhir. Meski Indonesia berada di peringkat ke-134 pada Maret 2024. Ada kemungkinan Baggott bisa tetap bermain di Premier League berkat satu aturan lain yang berlaku.

Kemungkinan Elkan Baggot Akan Masuk Kuota Pemain Home Grown

Elkan Baggott di Ipswich Town dianggap sebagai pemain asing karena tidak memiliki paspor Uni Eropa atau Inggris, yang tidak memungkinkan kewarganegaraan ganda karena kebijakan Indonesia. Premier League membatasi jumlah pemain asing non-Uni Eropa yang dapat dimiliki setiap klub, dengan batas tiga pemain. Namun, mengingat peringkat FIFA Indonesia yang rendah, Baggott tidak memenuhi syarat untuk masuk dalam kuota pemain asing. Satu-satunya cara bagi Baggott untuk bermain di Premier League adalah dengan didaftarkan sebagai pemain ‘home grown’. Yang wajib minimal delapan pemain dari 25 pemain tim utama setiap klub.

Apa Itu Pemain Home Grown?

Pemain ‘home grown’ adalah mereka yang telah terdaftar dengan Asosiasi Sepak Bola (FA untuk Inggris) selama minimal tiga tahun sebelum mencapai usia 21 tahun. Status ini tidak mempertimbangkan asal negara pemain tersebut.

Elkan Baggott berpotensi menjadi pemain ‘home grown’ meskipun berasal dari Indonesia, seperti kasus Gabriel Martinelli (Brasil) di Arsenal. Status ‘home grown’ juga tidak terpengaruh oleh usia, sebagaimana yang terjadi pada Jonny Evans di Manchester United.

Elkan Baggott sendiri telah terdaftar dengan FA sejak 2020, saat dipromosikan ke tim utama Ipswich Town. Oleh karena itu, dia memenuhi syarat sebagai pemain ‘home grown’ dan dapat bermain di Premier League.

Back To Top