Proses naturalisasi Calvin Verdonk telah selesai, sehingga ia bisa membela Timnas Indonesia. Kehadiran Verdonk berpotensi menggusur pemain lain Bakal Terkena Dampak posisinya.
Spread the love

Info Bola Terupdate – Proses naturalisasi Calvin Verdonk telah selesai, sehingga ia bisa membela Timnas Indonesia. Kehadiran Verdonk berpotensi menggusur pemain lain Bakal Terkena Dampak posisinya.

Ketua PSSI, Erick Thohir, melaporkan bahwa FIFA telah menyetujui perpindahan asosiasi Verdonk. Pemain berusia 27 tahun ini siap masuk skuad untuk pertandingan Timnas Indonesia melawan Filipina pada 12 Juni nanti.

“Keputusan pemain yang akan bermain ada di tangan pelatih, tapi saya pastikan Verdonk sudah siap bertanding melawan Filipina,” kata Erick Thohir. Verdonk memiliki kualitas yang telah terbukti. Musim lalu, ia memainkan 33 laga di Eredivisie bersama NEC Nijmegen, mencetak dua gol dan dua assist. Verdonk diprediksi akan bersaing dengan Shayne Pattynama untuk posisi bek kiri di Timnas Indonesia.

Siapa saja yang berpotensi menjadi ‘korban’ bergabungnya Calvin Verdonk dengan Timnas Indonesia? Simak ulasannya berikut ini.1

Nathan Tjoe-A-On Mungkin Bakal Terkena Dampak

Melihat persaingan dan komposisi yang ada, Nathan Tjoe-A-On mungkin terdampak oleh kehadiran Verdonk. Nathan mungkin akan jarang bermain sebagai bek kiri di Timnas Indonesia.

Namun, Nathan tetap merupakan pemain penting bagi Timnas Indonesia karena ia bisa memainkan beberapa peran berbeda dengan baik. Nathan bisa berperan sebagai bek tengah dan gelandang bertahan.

Selain itu, Nathan juga masih bisa bermain untuk Indonesia U-23, di mana ia menjadi opsi terbaik bersama Pratama Arhan.

Yance Sayuri Berpotensi Terkena Dampak

Yance Sayuri belakangan ini cukup sering dipanggil oleh Shin Tae-yong. Namun, ia sering mengalami cedera yang menghalanginya untuk membela Indonesia.

Sayuri batal masuk skuad Piala Asia 2023 karena cedera. Hal yang sama terjadi menjelang pertandingan melawan Irak dan Filipina pada Juni 2023.

Yance, seperti saudaranya Yakob, bisa bermain di berbagai posisi. Jika Yakob bisa bermain sebagai bek, wingback, dan winger kanan, maka Yance bisa melakukannya di sisi kiri. Yance adalah pemain yang serba bisa.

Edo Febriansyah Mungkin Dampaknya Tergusur

Edo Febriansyah cukup sering dipanggil oleh Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia, walau jarang mendapat menit bermain.

Bek kiri Persib Bandung ini masuk skuad Piala Asia 2023, namun tidak mendapat menit bermain. Ia kalah bersaing dengan Pratama Arhan dan Shayne Pattynama.

Ke depan, Edo mungkin akan jarang dipanggil ke Timnas Indonesia. Mantan pemain Persik Kediri ini mungkin akan dipanggil ketika beberapa bek kiri berhalangan tampil.

Pratama Arhan Juga Terancam

Pratama Arhan merupakan pemain andalan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Sejak debutnya pada Mei 2021, Arhan sudah memiliki 39 caps bersama Skuad Garuda.

Namun, kehadiran Verdonk membuat posisi Arhan terancam. Persaingan akan semakin ketat, sehingga Arhan harus bermain lebih konsisten, terutama di level klub.

Seperti diketahui, Arhan sulit mendapat menit bermain bersama tim utama sejak bergabung dengan Tokyo Verdy pada 2022. Hal yang sama terjadi pada musim 2024 bersama Suwon FC.

Kiriman serupa