Spread the love

Info Bola Terupdate – Ketua PSSI, Erick Thohir, menyoroti peluang Elkan Baggott untuk kembali dipanggil Timnas Indonesia. Menurut Erick, kebanggaan dalam membela Timnas Indonesia adalah hal yang utama, dan tanpa itu, seorang pemain akan ditinggalkan.

Elkan Baggott telah absen membela Timnas Indonesia sejak FIFA Matchday pada Maret 2024, saat Skuad Garuda menghadapi Vietnam dua kali dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Grup F. Alasan ketidakhadirannya saat itu adalah cedera.

Baru-baru ini, Elkan Baggott tidak dipanggil oleh pelatih Shin Tae-yong untuk dua pertandingan terakhir Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Grup F melawan Irak pada 6 Juni 2024 dan Filipina pada 11 Juni 2024. Kedua laga ini sangat penting bagi Skuad Garuda untuk lolos ke putaran ketiga.1

Sebelumnya, Elkan juga tidak hadir saat dipanggil untuk membela Timnas Indonesia U-23 di babak play-off Olimpiade 2024 Paris melawan Guinea, dan malah terlihat berlibur di Maladewa bersama kekasihnya beberapa hari kemudian.

Sikap Tegas Erick Thohir

Erick Thohir dengan tegas mengatakan bahwa Timnas Indonesia tidak akan bergantung pada satu atau dua pemain. Ia menekankan pentingnya kebanggaan dalam membela Skuad Garuda.

“Saya telah menyampaikan bahwa kita harus memiliki 150 pemain dengan kualitas yang setara, yaitu 2×11 di Timnas Indonesia, 3×11 di Timnas Indonesia U-23, dan seterusnya,” ujar Erick Thohir.

“Pemain yang dipanggil harus bangga. Jika tidak ada kebanggaan, lebih baik tidak usah. Saya tidak hanya berbicara tentang satu atau dua pemain, tapi berlaku juga untuk keseluruhan tim.”

“Jika ada yang tidak mau dipanggil, tidak masalah. Kami akan mencari pengganti. Pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20 dan U-17 terus berjalan. Dari 280 juta penduduk, kita pasti memiliki 150 pemain dengan kualitas yang setara,” tegasnya.

Peringatan untuk Semua Pemain

Erick Thohir menegaskan bahwa peringatan ini berlaku untuk semua pemain Timnas Indonesia. Ia sangat yakin bahwa banyak talenta pemain yang sangat ingin membela Timnas Indonesia di luar daftar yang sudah telah ada.

“Yang tidak memiliki visi dan karakter yang sama, tidak perlu dipaksakan. Kami akan mencari yang lain,” ujar Erick Thohir.

“Banyak pesepakbola Indonesia yang sangat ingin masuk skuad Timnas Indonesia,” tambahnya.

Kiriman serupa