Apakah Liverpool Masuk UCL 2023/2024? Simak Beberapa Fakta Penting Liverpool

apakah Liverpool masuk UCL
Spread the love

Sebagai salah satu raksasa klub di EPL (English Premier League), Liverpool sudah banyak menorehkan sejarah di kompetisi tersebut dan kompetisi besar lain seperti UCL. Namun, apakah Liverpool masuk UCL musim 2023/2024? Simak beberapa fakta penting berikut agar Anda tahu jawaban dari pertanyaan tersebut dan informasi penting lain mengenai klub asuhan Jurgen Klopp ini. 

Liverpool Tidak Lolos di UEFA Champions League?

Syarat agar sebuah klub di Liga Inggris Dapat lolos ke UCL adalah harus masuk ke empat besar klasemen. Sayangnya, di musim kompetisi EPL 2022/2023 Liverpool hanya finish di urutan kelima dengan poin akhir 67. Alhasil, klub yang bermarkas di Stadion Anfield ini tidak lolos mengikuti UCL. 

Performa Liverpool di musim 2022/2023 memang kurang bagus karena beberapa kali mengalami kekalahan dari klub yang memiliki level lebih rendah. Brighton mengejarnya dengan kemenangan 3-0, sedangkan Brentford dan Nottingham Forest masing-masing menang 1-0 dari Liverpool. Ketika harus melawan Everton pun Liverpool hanya bisa menahan imbang 0-0.

Buat kamu yang penasaran apakah Liverpool pernah juara UCL jawabannya tentu saja pernah. Klub ini pernah menjadi jawara di liga Champions sebanyak enam kali. Kemenangan tersebut diraih pada tahun 1977, 1978, 1982, 1984, 2006 dan 2019. Jumlah kemenangan ini berada di peringkat ke 3 klub pemenang UCl terbanyak setelah Real Madrid dan AC Milan.  

Liverpool Bermain di Liga Eropa (Europa League)

Karena gagal mempertahankan posisi empat besar maka Liverpool tidak lolos masuk UCL. Alhasil, klub ini hanya bisa berlaga di Piala Eropa (Europa League) dengan klub-klub asal Eropa yang levelnya ada dibawahnya. Masuk di Grup E Liga Eropa, Liverpool berhasil masuk ke perempat final karena menang agregat dari Sparta Praha. 

Sayangnya, pada pertandingan leg pertama semifinal Piala Eropa, Liverpool harus menelan kekalahan 3-0 dari Atalanta di kandang sendiri. Klub asuhan Jurgen Klopp ini harus gigit jari melihat pemain Atalanta melakukan merayakan kemenangan mereka di Stadion Anfield.

Walaupun Liverpool menang 1-0 pada pertandingan leg kedua di kandang Atalanta, namun secara agregat kalah 3-1 dari klub Italia tersebut. Alhasil, langkah Liverpool untuk maju ke babak selanjutnya di Liga Eropa terhenti. Tentu saja hal ini membuat para pemain dan fans kecewa karena sudah tidak lolos masuk UCL dan gagal di Liga Eropa.

Kekecewaan Pemain dan Fans Liverpool 

Fakta bahwa Liverpool tidak masuk UCL 2024 membuat para pemain dan fans berat mereka kecewa. Bahkan, pentolan Liverpool, Mohamed Salah merasa hancur dengan kegagalan timnya lolos ke piala Champions. Terlebih lagi ketika ternyata mereka juga gagal melaju ke semifinal Liga Eropa 2024. Namun, mereka tetap berharap agar tim kesayangan mereka bisa lolos di musim berikutnya. 

Semoga saja dengan pelatih baru Liverpool bisa merebut slot di UEFA Champions League 2024/2025 dan berhasil menduduki posisi terbaik. Jika Liverpool berhasil masuk empat besar di Liga Inggris (EPL) musim 2023/2024 ini, maka kita dapat dipastikan bahwa jawaban dari pertanyaan apakah Liverpool masuk UCL musim selanjutnya adalah ya.

Jadi, apakah Liverpool masuk UCL musim depan? Kita nantikan saja usaha dan sepak terjang mereka di English Premier League musim ini. Apapun hasilnya, Liverpool tetap ada di hati para penggemarnya karena  kamu tidak akan pernah berjalan sendirian (You Will Never Walk Alone)!

Back To Top