Bayer Leverkusen Sukses Menjuarai Bundesliga Pertama, Setelah Penantian 120 Tahun

Spread the love

Minggu (14/4/2024) menjadi momen bersejarah bagi Bayer Leverkusen. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Die Werkself meraih gelar juara Bundesliga.

Prestasi itu dicapai saat Bayer Leverkusen menjamu Werder Bremen di BayArena. Pada laga pekan ke-29 Bundesliga ini, Leverkusen mengamankan gelar juara dengan mengalahkan Bremen.

Di hadapan ribuan pendukung mereka, Die Werkself menyelesaikan tugasnya dengan baik, mengalahkan tamu mereka dengan skor 5-0 berkat penalti Victor Boniface, gol Granit Xhaka, dan hattrick Florian Wirtz.

Kemenangan tersebut membawa Bayer Leverkusen mengantongi total 79 poin dari 29 pertandingan, unggul 16 poin dari Bayern Munchen di posisi kedua. Dengan lima pertandingan tersisa di musim ini, Bayern Munchen tidak dapat mengejar poin Leverkusen, memastikan Die Werkself sebagai juara Bundesliga 2023/2024.

Penantian 120 Tahun Bayer Leverkusen

Gelar Bundesliga musim 2023/2024 ini istimewa bagi Leverkusen karena ini adalah trofi pertama mereka.

Didirikan pada tahun 1904, Bayer Leverkusen belum pernah memenangkan Bundesliga sebelumnya. Pencapaian terbaik mereka adalah menjadi runner-up di lima kesempatan sebelumnya.

Terakhir kali Leverkusen menjadi runner-up adalah pada musim 2010/2011, ketika Borussia Dortmund asuhan Jurgen Klopp memenangkan liga.

Mengakhiri Dominasi Bayern Munchen

Gelar Bundesliga Leverkusen juga berarti berakhirnya dominasi Bayern Munchen di Bundesliga.

Selama 11 tahun terakhir, Bayern Munchen menguasai sepak bola Jerman, memenangkan 11 gelar Bundesliga berturut-turut.

Namun, dominasi Bayern berakhir berkat keberhasilan Leverkusen menjuarai Bundesliga 2023/2024.

Berpeluang Meraih Treble Winners

Trofi Bundesliga bisa menjadi awal dari kesuksesan besar Leverkusen di musim 2023/2024. Die Werkself memiliki peluang meraih treble winners.

Mereka dapat memenangkan trofi kedua mereka di DFB-Pokal. Mereka sudah mencapai babak final dan akan menghadapi FC Kaiserslautern pada 25 Mei.

Di Liga Europa, Leverkusen mendekati babak semifinal setelah mengalahkan West Ham dengan skor 2-0 di leg pertama perempat final. Mereka berpotensi melaju ke final.

Kejeniusan Xabi Alonso Menjadi Kunci Bayer Leverkusen

Kesuksesan besar Bayer Leverkusen tak lepas dari peran Xabi Alonso.

Alonso bergabung dengan Leverkusen dari Real Sociedad B pada 5 Oktober 2022. Ia menggantikan Gerardo Seoane ketika Leverkusen berada di posisi 17 setelah delapan pertandingan Bundesliga.

Dalam waktu singkat, Alonso mengubah performa Leverkusen. Pada musim pertama, ia hanya berhasil membawa Leverkusen finish pada posisi keenam klasemen akhir Bundesliga, naik drastis dari posisi 17.

Pada musim keduanya, Alonso membawa Die Werkself menuju kejayaan dengan menjuarai Bundesliga saat kompetisi masih menyisakan lima pertandingan (sumber bola.net).

Back To Top